RPP TIK Kelas XII
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Sekolah :
SMAN 1 CABANGBUNGIN
Mata Pelajaran :
TIK
Kelas :
XII (DUA BELAS)
Semester :
1 (ganjil)
AlokasiWaktu :
1 x 30menit
TahunPelajaran : 2011/2012
Nama Guru :
Abdul Gopur, S.Kom
A.
StandarKompetensi: 1. Menggunakan
perangkat Lunak Pengolah Grafis
B.
KompetensiDasar : 1.2. Menujukan menu ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
C.
TujuanPembelajaran
a. Kognitif
1. Siswa
mampu mengidentifikasi kegunaan macam2 tool yang terdapat di toolbox
2. Siswa mampu
mengembangkan imajinasi dalam membuat gambar
3. Siswa
mampu menjabarkan urutan dalam
menciptakan gambar
b.
Afektif
1.
Karakter
Terlibat
dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dan diberi kesempatan untukmelakukan
penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter, dengan cara siswa
dapat dilatihkan karakter :
a)
dapat dipercaya; diantaranya kejujuran, mampu mengikuti komitmen, mencoba
melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang
lain.
b)
Menghargai; diantaranya siswa dapat berempati dengan cara memperlakukan
teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain,
tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan
teman/guru.
c)
tanggung jawab individu;diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau
menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
d)
tanggung jawab sosial;diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk
kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
e)
berlaku adil;diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja
siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan.
f)
sifat peduli ;diantaranya siswa peka terhadap perasaan orang lain dan
mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
2.
Keterampilan
Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,
dan siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian diri terhadap kesadaran
dalam menunjukkan keterampilan sosial:
a)
dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan., menjawab,
mengemukakan pendapat, dan berargumen
b)
dalam proses
pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik
c)
dalam
diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
D.
Indikator
1.
Mengamati macam macam fungsi tool pada toolbox
2.
…
3.
…. dst
E.
MateriPembelajaran
F. Model/Pendekatan/Metode
Model :
Kooperatif
Pendekatan :
Konstruksivisme
Metode :
Penemuanterbimbing
G.
KegiatanPembelajaran
1.
Pendahuluan
(± 10 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/
Ketrampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
|
Saran Perbaikan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||
1.
2.
3.
4
|
Memeriksakehadirandanmemotivasisiswa
agar mengikutipembelajarandenganbaik
Melakukanapersepsidengancaratanyajawablisan
dan unjuk keterampilan tentangcara menggunakan toolbox sebagaiprasyarat
Informasi SK-KD
danmanfaatmempelajarimateri………..
Informasitentangpolakegiatanpembelajaran
yang akandilaksanakan.
|
Disiplin,
simpatik, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk
menjadi pendengar yang baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain,
terampil menggunakan toolbox serta bertanggung jawab secara individu.
Dalam
kegiatan ini, siswa dilatihkan men-jadi pendengar yang baik dan menyimak
Siswa
berkomitmen dan siap bekerja sesuai aturan
|
|
|
|
2.
Kegiatan Inti (± 30 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/
Ketrampilan
Sosial
|
Keterlaksanaan
|
Saran
Perbaikan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||
1.
2.
3.
4.
5
|
Siswasecara
berkelompok menyimak demonstrasi yang dilakukan perwakilan siswa.
Siswabersama guru membahascara
…………………. hasil demonstrasi.
Secara
berkelompok, siswa bergiliran melakukan demonstrasi
Siswamengerjakan
LKS dalam kelompoknya, dan dilanjutkan dengan
Presentasihasilkerja
kelompok(perwakilan).
Diskusikelas
|
Siswa dilatihkan menjadi
pendengar yang baik dengan menyimak, aktif bertanya, peduli, dan menghargai
orang lain.
Siswa aktif bertanya dan
mengemukakan pendapat, peduli dan menghargai orang lain, dan dapat dipercaya.
Siswa dilatihkan mampu
bekerja sama, bertanggung jawab secara
individu dan sosial, dapat dipercaya, peduli , dan menghargai orang lain.
Dengan kegiatan presentasi,
siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, aktif bertanya, menjadi pendengar
yang baik, peduli, menghargai, serta bertanggung jawab secara sosial.
Melalui kegiatan ini, siswa
dilatihkan untuk berpikir kritis, mengemukakan pendapat, menjadi pendengar
yang baik, bertanggung jawab secara individu dan sosial.
|
|
|
|
3.
Penutup (± 10 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/
Keterampilan
sosial
|
Keterlaksanaan
|
Saran
Perbaikan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||||
1.
2.
3
4
5
|
Guru mengadakan refleksi tentang suasana dan aktivitas
siswa dalam pembelajaran
Siswa dan guru melakukan
tanya jawab dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Siswa mengerjakan tes
tertulis uraian untuk mengevaluasi pembelajaran
Guru memberikan tugas soal pekerjaan rumah dan
mempelajari materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Siswa diminta untuk mengisi
Lembar Penilaian Diri secara individu
|
Dengan
kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk introspeksi diri
Siswa
dilatih untuk peduli, partisipatif, dan proaktif dalam kegiatan
Siswa
dilatihkan karak-ter jujur, dapat
diperca-ya, dan bertanggung jawab
secara individu dan sosial
Siswa
dilatih untuk ber-tanggung jawab dalam pengembangan diri
Siswa
dilatihkan untuk berbuat jujur dan belajar introspeksi
|
|
|
|
H.
Sumber, Media, Alat,
danBahanPembelajaran
a.
Sumberbelajar
:
BukuTIKkelasXII, Kertas HVS
b.
Media :
-
Alat
Peraga :
-
Papan
Peraga :
-
Lembar
Kegiatan Siswa (LKS)
I.
Penilaian
1.
Bentuk : Testertulisbentukuraian
2.
AlatPenilaian :
No
|
Indikator
|
ButirSoal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
|
|
|
|
10
10
5
|
Total skor maksimum
|
25
|
3.
PedomanPenilaian :
Standarpencapaianindikator :
KKM=65,00
4.
PenilaianKinerja
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
SB
(5)
|
B
(4)
|
C
(3)
|
K
(2)
|
SK
(1)
|
1.
|
Kemampuanmenelaahpermasalahan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuanbekerjasamadalamkelompok
|
|
|
|
|
|
3.
|
Keaktifandalamdiskusi
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuanmenghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kemampuanmenyimpulkan
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kemandiriandalammengerjakantugasdansoal-soal
|
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
|
|
|
|
|
|
Rerata
|
|
TugasTerstruktur
Latihan pada
BUKU paket bagian C halaman 20 – 26.
TugasTidakTerstruktur
Bekasi, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
Abdul Gopur, S.Kom
NIP. 197806112008011005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar